Senin, 14 Februari 2011

PENILAIAN PKN SDN

MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah : Sekolah Dasar ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV/2
Standar Kompetensi : Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian
Bentuk Penilaian Jenis Penilaian Soal

Mengenal lembaga dalam susunan pemerintah-an tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK - Menjelaskan pengertian pemerintahan tingkat pusat Obyektif/ tes Individu 1. Pemerintahan pusat dikepalai seorang ....
a. lurah
b. presiden
c. gubernur
d. bupati

- Menjelaskan peran MPR dalam susunan pemerintahan tingkat pusat Obyektif/ tes Individu 1. Sebutkan 2 peran MPR dalam susunan pemerintahan pusat!

- Menjelaskan peran DPR dalam susunan pemerintahan tingkat pusat Obyektif/ tes Individu 1. Sebutkan 2 peran DPR dalam susunan pemerintahan pusat!

- Menjelaskan peran MA dalam susunan pemerintahan tingkat pusat Obyektif/ tes Individu 1. Sebutkan 2 peran MA dalam susunan pemerintahan pusat!

- Menjelaskan peran MK dalam susunan pemerintahan tingkat pusat Obyektif/ tes Individu 1. Sebutkan 1 peran MK dalam susunan pemerintahan pusat!

- Menjelaskan peran BPK dalam susunan pemerintahan tingkat pusat Obyektif/ tes Individu 1. Sebutkan 1 peran BPK dalam susunan pemerintahan pusat!




MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah : Sekolah Dasar ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV/2
Standar Kompetensi : Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian
Bentuk Penilaian Jenis Penilaian Soal

Menyebut-kan organisasi pemerintah-an tingkat pusat:
- presiden
- wakil presiden
- para menteri - Mengamati struktur organisasi guna menggali informasi melalui berbagai sumber yang ada Obyektif/ tes Individu 1. Buatlah bagan struktur organisasi pemerintahan pusat!

- Mengidentifikasi tugas-tugas presiden dan wakil presiden Unjuk kerja Kelompok 1. Coba kamu diskusikan tentang tugas-tugas presiden dan wakil presiden

- Mengidentifikasikan tugas menter dalam pemerintahan Obyektif/ tes Individu 1. Tuliskan beberapa tugas menteri dalam pemerintahan!





MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah : Sekolah Dasar ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV/2
Standar Kompetensi : Menunjukan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian
Bentuk Penilaian Jenis Penilaian Soal

Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkung-annya - Menjelaskan tentang globalisasi Subyektif Individu 1. Jelaskan pengertian globalisasi!

- Menjelaskan pengaruh positif globalisasi Obyektif Individu 1. Globalisasi memiliki pengaruh yang positif terhadap perekonomian bangsa kita pada bidang ....
a. perikanan
b. peternakan
c. pertanian
d. perdagangan

- Menjelaskan pengaruh negatif globalisasi Obyektif

Penilaian lisan

Tingkah laku Individu 1. Dengan adanya pengaruh globalisasi maka banyak siswa di sekolah yang membawa HP digunakan untuk menyelesaikan tugas melalui SMS. Bagaimana sikapmu?
a. membiarkan
b. menegurnya dengan sopan
c. memarahinya
d. ikut meminta pesan dari HP

- Memberikan contoh pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar Obyektif Kelompok 1. Berilah dua contoh perilaku globalisasi di lingkungan sekolahmu!



MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah : Sekolah Dasar ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV/2
Standar Kompetensi : Menunjukkan sikap globalisasi

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian
Bentuk Penilaian Jenis Penilaian Soal

Mengidenti-fikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional - Menjelaskan pengertian budaya

- Menjelaskan ragam budaya Indonesia

- Mengidentifikasi ragam budaya Indonesia yang ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional Uraian singkat Ulangan harian 1. Apa yang dimaksud dengan budaya?

1. Tuliskan ragam budaya Indonesia!

1. Sebutkan jenis tari yang ditampilkan di India!



MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah : Sekolah Dasar ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV/2
Standar Kompetensi : Menunjukkan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian
Bentuk Penilaian Jenis Penilaian Soal

Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkung-annya - Menganalisis sikap perilaku menghadapi pengaruh globalisasi

- Menunjukkan sikap perilaku dalam menghadapi pengaruh globalisasi Cerita





Skala sikap Ulangan harian




individu 1. Bagaimana pendapatmu jika ada diantara tetanggamu membunyikan radio dengan volume yang keras di tengah malam?
2. Bila ada temanmu yang kehilangan HP di kelas, sedangkan kamu mengetahui teman yang mengambilnya. Bagaimana tindakanmu?

No. Aspek Cek Alasan
Baik Buruk

1. Dengan adanya media elektronik kita mengetahui informasi perkembangan teknologi melalaui tv, radio. Bagaimana pendapatmu kalau anak yang suka menon tv sampai larut malam?




MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah : Sekolah Dasar ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian
Bentuk Penilaian Jenis Penilaian Soal

Mendeskrip-sikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara - Menceritakan kegigihan para pejuang untuk memperoleh kemerdekaan dari penjajah.

- Menjelaskan kegigihan para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan

- Mendeskripsikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara Obyektif

Subyektif

Penilaian lisan

Unjuk kerja Kelompok

Ulangan harian 1. Nama panglima tentara Jepang ke 16 di Jawa yang melantik anggota badan penyelidik adalah ....
a. Takashe Maeda
b. Kumakili Harada
c. Akhmada Husaina
d. Jaelana Barakna

2. Ceritakan kegigihan para tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia!

3. Sebutkan bunyi usulan rumusan Pancasila yang disampaikan oleh M. Yamin, Supomo dan Sukarno!

4. Tampilah di muka kelas ceritakan secara singkat proses perumusan Pancasila!

Mencerita-kan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara - Menjelaskan secara singkat proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

- Menjelaskan nilai kebersamaan dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara Obyektif

Subyektif

Lisan

Unjuk kerja Kelompok

Ulangan harian 1. Nama organisasi yang mengesahkan rumusan Pancasila adalah ....
a. PPKI
b. BPUPKI
c. PNI
d. PKI



- Menjelaskan nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara Tingkah laku 2. Uraikan proses perumusan Pancasila!

3. Nilai apa saja yang dicontohkan oleh perumus dasar negara!

4. Majulah ke depan kelas memerankan 3 contoh perumus Pancasila!

5. Amati 2 gambar , mana yang sesuai dengan nilai yang dicontohkan oleh perumus Pancasila!



MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah : Sekolah Dasar ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi :

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian
Bentuk Penilaian Jenis Penilaian Soal

Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari - Menjelaskan nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

- Menunjukkan sikap perilaku nilai-nilai yang bisa diteladani

- Menunjukkan sikap perilaku keteladanan para tokoh dalam kehidupan sehari-hari Unjuk kerja

Produk

Tingkah laku Kelompok

Individu

Ulangan harian 1. Tuliskan nilai-nilai juang para tokoh dalam proses perumusan Pancasila!

2. Tunjukkan pada gambar yang mencerminkan sikap perilaku nilai-nilai juang yang bisa diteladani!

- Sikap dan perilaku yang menunjukkan penerapan nilai juang adalah ....
a. saling membantu dalam mengatasi masalah
b. saling bekerjasama dalam mengerjakan soal ulangan
c. tidak memperdulikan teman yang mendapat musibah
d. saling menutupi jika melakukan kebohongan

No. Perilaku Sl Sr Kd Pn TP
1. Menghargai dan menghormati pendapat teman dalam musyawarah
2. Memiliki rasa setia kawan dalam kehidupan sehari-hari
3. Melakukan kerjasama dalam kerja bakti



Menjelas-kan proses pemilu dan pilkada - Menjelaskan pengertian pemilu

- Menjelaskan pengertian pilkada

- Menjelaskan proses pilkada

- Menjelaskan asas-asas pemilu

- Menjelaskan proses pemilihan presiden dan wakil presiden Obyektif

Subyektif

Lisan

Unjuk kerja Kelompok

Ulangan harian 1. Persyaratan mengikuti pemilu adalah ....
a. telah berusia 17 tahun atau sudah menikah
b. warga negara yang tidak berakal sehat
c. pemilih harus berdarah biru
d. pemilih harus mempunyai pekerjaan tetap
2. Bedakan antara pemilu dan pilkada!
3. Apakah asas dalam pemilu?
4. Diskusikan proses pemilihan presiden dan wakil presiden!
5. Amatilah gambar suasana pemilu. Apa yang harus dilakukan agar pelaksanaan demokrasi berjalan dengan lancar?

Mendes-kripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 45 hasil amande-men - Menjelaskan pasal dalam UUD 1945 yang berhubungan dengan lembaga negara

- Mengidentifikasi lembaga-lembaga negara Obyektif

Subyektif

Lisan

Unjuk kerja

Produk Individu

Ulangan harian 1. Lembaga yang berkuasa atas hukum di Indonesia adalah ....
a. Presiden
b. BPK
c. MPR
d. MA
2. Uraikan tugas-tugas DPR!
3. Apa tugas Presiden?
4. Lengkapi struktur lembaga-lembaga negara yang ada di papan tulis
5. Buatlah kliping tentang gedung dan kerja lembaga negara!



MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah : Sekolah Dasar ..................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian
Bentuk Penilaian Jenis Penilaian Soal

Mendeskrip-sikan tugas dan fungsi pemerintah-an pusat dan daerah - Menjelaskan sistem pemerintahan pusat dan daerah

- Mengidentifikasi lembaga-lembaga negara di Indonesia

- Mengidentifikasi fungsi dan tugas pemerintah pusat dan daerah

- Menjelaskan fungsi dan tugas pemerintah pusat dan daerah Obyektif

Subyektif

Unjuk kerja

Produk Individu

Kelompok
1. Jelaskan pengertian sistem pemerintahan RI!

2. Sebutkan lembaga negara di Indonesia!

3. Kumpulkan gambar lembaga-lembaga negara!

4. BPK adalah badan yang bertugas memeriksa ....
a. keuangan negara
b. ketertiban negara
c. keamanan negara
d. kelembagaan negara

5. Jelaskan fungsi dan tugas pemerintahan pusat!

6. Jelaskan fungsi dan tugas pemerintahan daerah!




MARTHINUS ARRUA,S.Pd
Guru SDN 004 SGT UTARA, MAHASISWA ADMINISTRASI PENDIDIKAN PASCASARJANA KEPENDIDIKAN UNMUL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar