Rabu, 04 Mei 2011

Lampiran V PAK Jabatan Guru

LAMPIRAN V: PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN
APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI
NOMOR 16 TAHUN 2009
TANGGAL: 10 November 2009
RINCIAN KEGIATAN GURU DAN ANGKA KREDITNYA UNTUK GOLONGAN II
NO UNSUR SUB UNSUR KEGIATAN KODE SATUAN HASIL ANGKA KREDIT ANGKA KREDIT GURU Golongan Ruang II/a s.d II/d
1 PENDIDIKAN 1. Mengikuti pendidikan dan memperoleh gelar/ijazah/akta 1.1 Diploma III 01 Ijazah 60 Semua Jenjang
1.2 Diploma II 02 Ijazah 40 Semua Jenjang
1.3 SLTA/Diploma I 03 Ijazah 25 Semua Jenjang
2. Mengikuti pelatihan prajabatan 2.1 Pelatihan prajabatan fungsional bagi Guru Calon Pegawai Negeri Sipil / program induksi 04 STTPP 3 Semua Jenjang
2 PEMBELAJARAN/ BIMBINGAN DAN TUGASTERTENTU 1. Melaksanakan proses pembelajaran 1.1 Merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran, menganalisis hasil pembelajaran, melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran 05 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
2. Melaksanakan proses bimbingan 2.1 Merencanakan dan melaksanakan pembimbingan, mengevaluasi dan menilai hasil pembimbingan, menganalisis hasil pembimbingan, melaksanakan tindak lanjut hasil pembimbingan 06 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3. Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah / madrasah. 3.1 Menjadi Kepala Sekolah/Madrasah per tahun 07 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.2 Menjadi Wakil Kepala Sekolah/Madrasah per tahun 08 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.3 Menjadi ketua program keahlian/program studi atau yang sejenisnya 09 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.4 Menjadi kepala perpustakaan 10 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.5 Menjadi kepala laboratorium, bengkel, unit produksi atau yang sejenisnya 11 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.6 Menjadi pembimbing khusus pada satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan inklusi, pendidikan terpadu atau yang sejenisnya. 12 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.7 Menjadi wali kelas 13 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.8 Menyusun kurikulum pada satuan pendidikannya 14 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.9 Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar. 15 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.10 Membimbing guru pemula dalam program induksi 15.a Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.11 Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler 16 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.12 Menjadi pembimbing pada penyusunan publikasi ilmiah dan karya inovatif 17 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3.13 Melaksanakan pembimbingan pada kelas yang menjadi tanggungjawabnya (khusus Guru Kelas) 18 Laporan Penilaian Kinerja Paket Semua Jenjang
3 PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN 1. Melaksanakan pengembangan diri 1.1 Mengikuti diklat fungsional:
a. Lamanya lebih dari 960 jam 19 1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat 15 Semua Jenjang
b. Lamanya antara 641 s.d 960 jam 20 1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat 9 Semua Jenjang
c. Lamanya antara 481 s.d 640 jam 21 1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat 6 Semua Jenjang
d. Lamanya antara 181 s.d 480 jam 22 1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat 3 Semua Jenjang
e. Lamanya antara 81 s.d 180 jam 23 1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat 2 Semua Jenjang
f. Lamanya antara 30 s.d 80 jam 24 1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat 1 Semua Jenjang
1.2 Kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru
a. Lokakarya atau kegiatan bersama (seperti kelompok kerja guru) untuk penyusunan perangkat kurikulum dan atau pembelajaran 25 Surat keterangan dan laporan per kegiatan 0.15 Semua Jenjang
b. keikutsertaan pada kegiatan ilmiah (seminar, kologium dan diskusi panel)
1) Menjadi pembahas pada kegiatan ilmiah 26 Surat keterangan dan laporan per kegiatan 0.2 Semua Jenjang
2) Menjadi peserta pada kegiatan ilmiah 27 Surat keterangan dan laporan per kegiatan 0.1 Semua Jenjang
c. Kegiatan kolektif lainnya yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru 28 Surat keterangan dan laporan per kegiatan 0.1 Semua Jenjang
2 Melaksanakan Publikasi Ilmiah 2.1 Presentasi pada forum ilmiah
a. Menjadi pemrasaran/nara sumber pada seminar atau lokakarya ilmiah 29 Surat keterangan dan makalah pemrasaran 0.2 Semua Jenjang
b. Menjadi pemrasaran/nara sumber pada koloqium atau diskusi ilmiah 30 Surat keterangan dan makalah pemrasaran 0.2 Semua Jenjang
2.2 Melaksanakan publikasi Ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan formal.
a. Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan diedarkan secara nasional atau telah lulus dari penilaian BNSP. 31 Buku 4 Semua Jenjang
b. Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi. 32 Karya tulis dalam majalah / jurnal ilmiah 3 Semua Jenjang
c. Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi. 33 Karya tulis dalam majalah / jurnal ilmiah 2 Semua Jenjang
d. Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah tingkat kabupaten/ kota. 34 Karya tulis dalam majalah / jurnal ilmiah 1 Semua Jenjang
e. Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diseminarkan di sekolahnya, disimpan di perpustakaan. 35 Laporan 4 Semua Jenjang
f. Membuat makalah berupa tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya, tidak diterbitkan, disimpan di perpustakaan. 36 Makalah 2 Semua Jenjang
g. Membuat Tulisan Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya.
1) Membuat Artikel Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dimuat di media masa tingkat nasional 37 Artikel Ilmiah 2 Semua Jenjang
2) Membuat Artikel Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dimuat di media masa tingkat provinsi (koran daerah). 38 Artikel Ilmiah 1.5 Semua Jenjang
h. Membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya.
1) Membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang terakreditasi 39 Artikel Ilmiah 2 Semua Jenjang
2) Membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang tidak terakreditasi/tingkat propvinsi. 40 Artikel Ilmiah 1.5 Semua Jenjang
3) Membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat lokal (kabupaten/kota/ sekolah/madrasah dstnya). 41 Artikel Ilmiah 1 Semua Jenjang
2.3 Melaksanakan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman Guru:
a. Membuat buku pelajaran per tingkat/buku pendidikan per judul:
1) Buku pelajaran yang lolos penilaian oleh BSNP 42 Buku 6 Semua Jenjang
2) Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN 43 Buku 3 Semua Jenjang
3) Buku pelajaran dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN. 44 Buku 1 Semua Jenjang
b. Membuat modul/diktat pembelajaran per semester:
1) Digunakan di tingkat Provinsi dengan pengesahan dari Dinas Pendidikan Provinsi. 45 Modul /diktat 1.5 Semua Jenjang
2) Digunakan di tingkat kota/kabupaten dengan pengesahan dari Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten. 46 Modul / diktat 1 Semua Jenjang
3) Digunakan di tingkat sekolah/madrasah setempat 47 Modul / diktat 0.5 Semua Jenjang
c. Membuat buku dalam bidang pendidikan:
1) Buku dalam bidang pendidikan dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN. 48 Buku 3 Semua Jenjang
2) Buku dalam bidang pendidikan dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN. 49 Buku 1.5 Semua Jenjang
d. Membuat karya hasil terjemahan yang dinyatakan oleh kepala sekolah/madrasah tiap karya. 50 Karya hasil terjemahan 1 Semua Jenjang
e. Membuat buku pedoman guru 51 Buku 1.5 Semua Jenjang
3 Melaksanakan Karya Inovatif 3.1 Menemukan teknologi tepatguna
a. Kategori Kompleks 52 Hasil karya 4 Semua Jenjang
b. Kategori Sederhana 53 Hasil karya 2 Semua Jenjang
3.2 Menemukan / menciptakan karya seni
a. Kategori kompleks 54 Hasil karya 4 Semua Jenjang
b. Kategori sederhana 55 Hasil karya 2 Semua Jenjang
3.3 Membuat / modifikasi alat pelajaran / peraga / praktikum:
a. Membuat alat pelajaran:
1) Kategori kompleks 56 Alat pelajaran 2 Semua Jenjang
2) Kategori sederhana 57 Alat pelajaran 1 Semua Jenjang
b. Membuat alat peraga:
1) Kategori kompleks 58 Alat peraga 2 Semua Jenjang
2) Kategori sederhana 59 Alat peraga 1 Semua Jenjang
c. Membuat alat praktikum:
1) Kategori kompleks 60 Alat Praktik 4 Semua Jenjang
2) Kategori sederhana 61 Alat Praktik 2 Semua Jenjang
3.4 Mengikuti Pengembangan Penyusunan Standar, Pedoman, Soal dan sejenisnya
a. Mengikuti Kegiatan Penyusunan Standar/ Pedoman/ Soal dan sejenisnya pada tingkat nasional. 62 SK 1 Semua Jenjang
b. Mengikuti Kegiatan Penyusunan Standar/ Pedoman/ Soal dan sejenisnya pada tingkat provinsi. 63 SK 1 Semua Jenjang
4 PENUNJANG TUGAS GURU 1 Memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya Memperoleh Sarjana (S-1) / Diploma IV yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya: 64 Ijazah 5,00 Semua Jenjang
2 Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas guru Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas guru:
a. Membimbing siswa dalam praktik kerja nyata / praktik industri / ekstrakurikuler dan yang sejenisnya 65 laporan 0.17 Semua Jenjang
b. Sebagai pengawas ujian penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat :
1) sekolah 66 SK 0.08 Semua Jenjang
2) nasional 67 SK 0.08 Semua Jenjang
c. Menjadi anggota organisasi profesi, sebagai: 68
1) Pengurus aktif 69 SK 1 Semua Jenjang
2) Anggota aktif 70 SK 0.75 Semua Jenjang
d. Menjadi anggota kegiatan kepramukaan, sebagai:
1) Pengurus aktif 71 SK 1 Semua Jenjang
2) Anggota aktif 72 SK 0.75 Semua Jenjang
e. Menjadi tim penilai angka kredit 73 DUPAK 0.04 Semua Jenjang
f. Menjadi tutor/pelatih/instruktur 74 2 Jampel 0.04 Semua Jenjang
3 Perolehan penghargaan/tanda jasa 3.1 Memperoleh Penghargaan/tanda jasa Satya Lancana Karya Satya
a. 30 (tiga puluh) tahun 75 Sertifikat/Piagam 3 Semua jenjang
b. 20 (dua puluh) tahun 76 Sertifikat/Piagam 2 Semua jenjang
c. 10 (sepuluh) tahun 77 Sertifikat/Piagam 1 Semua jenjang
3.2 Memperoleh Penghargaan/tanda jasa 78 Sertifikat/Piagam 1 Semua jenjang



MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN
APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI,


E. E. MANGINDAAN

1 komentar:

  1. apa yg dimaksud dengan PAKET pak ? berapakah poin untuk paket ? misal sebagai WALI KELAS... makasih

    BalasHapus