Senin, 07 Maret 2011

Penilaian kinerja guru

PENILAIAN KINERJA GURU
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NAMA GURU :
NIP :
GURU KELAS/MATA PELAJARAN :
Petunjuk
Berilah tanda skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom (1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1. = sangat tidak baik
2. = tidak baik
3. = kurang baik
4. = baik
5. = sangat baik
No Aspek / Indikator Yang Dinilai SKOR
I PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1 Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran
2 Pemilihan materi pelajaran sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa
3 Pengorganisasian materi pelajaran secara runtun,sistimatik dan sesuai dengan alokasi waktu
4 Pemilihan sumber pelajaran sesuai dengan KD,tujuan, materi, dan karakteristik siswa
5 Kejelasan skenario pembelajaran/langkah-langkah pembelajaran; awal.inti (eksplorasi,elaborasi dan konfirmasi) dan penutup
6 Kerincian langkah-langkah pembelajaran
7 Setiap langkah – langkah pembelajaran terdapat alokasi waktu yang tepat
8 Kesesuain metode dengan KD,Indikator dan tujuan pemebelajaran
9 Pemilihan media dan alat peraga dengan KD,Tujuan,indicator dan karakteristik siswa
10 Kelengkapan instrument (soal,kunci,pedoman penskoran)
JUMLAH
II PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SKOR
A Kegiatan Awal Pembelajaran
1 Memeriksa kesiapan siswa
2 Melakukan kegiatan apersepsi
B Kegiatan Inti Pembelajaran
3 Menunjukkan penguasaan materi pelajaran
4 Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
5 Menyampaikan meteri dengaelas dan sesuai dengan karakteristik siswa 1
6 Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
C Pendekatan/Strategi Pembelajaran
7 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
8 Melaksanakan pembelajaran secara runtun
9 Menguasai kelas
10 Melaksanakan pembelajaran secara kontekstual
11 Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
12 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu


No Aspek / Indikator Yang Dinilai SKOR
D Pemanfataan Sumber/Media Pembelajaran
13 Menggunakan media secara efektif dan efisiensi
14 Menghasilkan media yang menarik
15 Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
E Pembelajaran yang Melibatkan dan Memicu Keterlibatan Siswa Secara Aktif
16 Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
17 Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
18 Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar.
F Penilaian Proses dan Hasil Belajar
19 Memantau kemajuan belajar selama proses
20 Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
G Penggunaan Bahasa
21 Menggunakan bahasa lisan dan tulisan secara jelas,baik, dan benar
22 Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
H Memberikan Penguatan
23 Memberikan penguatan yang relevan baik verbal maupun non verbal
I Kegiatan Akhir Pembelajaran
24 Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
25 Melibatkan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bahan remedial/pengayaan
JUMLAH
III KINERJA/KEMAMPUAN KEPRIBADIAN
1 Menunjukkan sikap dan tindakaan yang taat terhadap agama yang dianut
2 Bertanggung jawab
3 Memiliki sikap kedisiplinan
4 Menunjukkan sikap kejujuran
5 Memperlihatkan sikap Keteladanan
6 Mempunyai etos kerja yang tinggi
7 Inovatif dan Kreatif
8 Terbuka atas kritik dan saran
9 Kemampuan berkomunikasi
10 Kemampuan bekerjasama
JUMLAH

REKAPITULASI PENILAIAN KINERJA GURU
No Aspek / Indikator Yang Dinilai JUMLAH
1 Perencanaan Pembelajaran
2 Pelaksanaan Pembelajaran
3 Kinerja/Kemampuan Kepribadian
Predikat Nilai :
Sangatta, 8 Pebruari 2011
Kepala Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar