Sabtu, 26 Maret 2011

Pra US IPS I

PRA UJIAN SEKOLAH
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Waktu : 60 menit
Nama :
Berilah tanda silang pada lembar jawaban yang tersedia.

1. Segitiga dalam peta melambangkan kenampakan alam berupa …
a. gunung b. danau` c. sungai d. laut
2. Yang termasuk kenampakan alam di bawah ini adalah …
a. Gedung b. lembag c. bendungan d. sawah
3. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1. Sebagian bekerja disektor jasa
2. Penduduknya heterogen
3. Bekerja sebagai petani
4. Sangat tergantung pada kondisi alam
Yang termasuk cirri masyarakat desa adalah nomor…
a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 1 dan 2 d. 3 dan 4
4. Kalimantan Timur sebelah barat berbatasan dengan …
a. Kalimantan Selatan b.Kalimantan Barat d. Kalimantan Tengah d. Laut Sulawesi
5. Salah satu manfaat batu bara adalah …
a. sebagai bahan bangunan c. sebagai bahan bakar
b. sebagai pengantar panas d. sebagai campuran ter
6. Petani pada zaman dahulu umumnnya mengolah hasil pertaniannya dengan menggunakan . ..
a. traktor b. bajak kerbau c. trester d. pabrik tekstil
7. Alat komunikasi yang dipakai pada zaman dahulu adalah…
a. kentongan b. telepon c. televisi d. radio
8. Alat transportasi zaman dahulu yang sampai sekarang digunakan sebagai transportasi wisata antara lain …
a. bemo b. bajaj c. andong d. sampan
9. Salah satu cara untuk menjaga kelestarian hutan adalah ….
a. berladang berpindah c. menebang pohon untuk industry
b. tebang pilih tanam d. membangun perumahan diperbukitan
10. Kegiatan menjual barang dalam jumlah yang banyak disebut …
a. grosir b. produsen c. pengecer d. konsumen
11. Selaian suku dayak, suku asli di pulau Kalimantan adalah suku ….
a. bugis b. anak dalam c. banjar d. tengger
12. Rumah adat Kalimantan Timur disebut …
a. Lamin b. Bubungan c. Joglo d. Tongkonan
13. Bapak Joko setiap harinya melakukan kegiatan dengan membajak sawah, memberikan pupuk terhadap tanaman di sawah, maka kegiatan bapak Joko termasuk usaha dalam bidang ….
a. Perkebunan b. peternakan c. pertanian d. perikanan
14. Koperasi yang kegiatan usahanya menangani pengurusan STNK,BPKB, rekening listrik, PDAM termasuk contoh koperasi dalam bidang …
a. Simpan pinjam b. produsen c. konsumen d. jasa
15. Kerajaan bercorak Hindu yang pertama di pulau Jawa adalah kerajaan….
a. Kutai b. Tarumanegara c. Majapahit d. Sriwijaya
16. Peninggalan sejarah yang bercorak Budha di bawah ini adalah ….
a. Candi Prambanan c.Candi Lorojongrang
b. .Candi Borobudur d. Prasasti Mulawarman
17. Tokoh penyebaran agama Islam di Pulau Jawa seperti Sunan Drajat adalah ….
a. Raden Paku c. Raden Maulana Makhdum Ibrahim
b. Raden Kosim Syarifuddin d. Syarif Hidayatullah







18. Upacara untuk mengenang kegigihan Hasan dan Husen di Sumatra Barat, cucu Nabi Muhammad dalam membela Islam disebut ….
a. Upacara Grebek Besar c. Pesta Taubik
b. Budaya Dhug Dher d. Upacara Sekaten
19. Tanam Paksa atau cultuur stelsel yang dilaksanakan oleh Belanda di Indonesia terutama tanaman yang dapat dijual di laur negeri seperti ….
a. Karet b. kelapa sawit c. apel d. kopi
20. Pimpinan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajahan Belanda adalah …
a. Thomas Matullesi c. Pangeran Diponegoro
b. Pangeran Antasari d. Sulatan Hasanuddin
21. Salah satu penyebab kegagalan Indonesia melawan penjajahan Belanda adalah karena tidak adanya persatuan dan kesatuan. Organisasi yang mengawali munculnya persatuan dan kesatuab adalah organisasi….
a. Indische Partij b. Budi Utomo c. Perhimpunan Indonesia d. PNI
22. Darmawan naik pesawat dari Bandar Soekarno Hatta – Bandar Udara Sepinggaan Balikpapan selama 1 jam 30 menit. Jika Darmawan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta tepat pukul 08.00 WIB, maka Darmawan akan tiba di Bandar Sepinggan Balikpapan pukul …WITA
a. 09.30 b. 10.30 c. 11.30 d. 12.30
23. Jika angin bertiup dari Australia menuju benua Asia melewati perairan Indonesia, maka di Indonesia bertiup .…
a. Angin muson timur b.angin muson barat c. angin musim semi d. angin topan
24. Jenis flora yang menjadi cirri khas Kalimantan Timur adalah ….
a. Bunga reflesia b. bunga bangkai c. anggrek hitam d. anggrek putih
25. Tokoh yang merumuskan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. Ir Soekarno, Drs Moh.Hatta dan Mr.Ahmad Subarjo
b. K.H Dewantara,Muh.Yamin dan Sukarni
c. Darwis, Sutan Syarir dan Yusuf Kunto
d. E.F.E Dewes Dekker, Dr.Cipto Mangunkusumo dan KH.Mas Mansyur
26. Tokoh yang sangat terkenal dalam mempertahankan kemerdekaan di Ambarawa dengan perang Gerilya dan dikenal sebagai bapak TNI adalah….
a. Bung Tomo c. Ahmad Taher
b. Jend.Soedirman d. Moh.Toha
27. Pada awal kemerdekaan, Indonesia dibagi dalam 8 propinsi, diantaranya …
a. D.I Yogyakarta b. Jawa Barat c. Riau d. Sulawesi Selatan
28. Wilayah laut territorial Indonesia, berdasarkan deklrasi Juanda, adalah sejauh … mil
a. 3 b. 12 c. 24 d. 200
29. Secara geografis Indonesia terletak pada dua benua dan dua samudra, sehingga secara ekonomi letak Indonesia sangat menguntungkan karena ….
a. Indonesia menjadi lalulintas perdagangan dunia
b. Indonesia mengalami dua musim
c. Di Indonesia terjadi Iklim tropis
d. Indonesia sangat strategi
30. ASEAN berdiri di kota Bangkok, yang dipelopori oleh lima menteri luar negeri dari lima Negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura. Wakil dari Malaysia bernama …
a. Narsico Ramos b. Tun Abdul Razak c. Tanand Khomand d. S. Rajaratnam
31. Salah satu contoh kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi di bawah ini adalah …
a. AFTA b. perjanjian ekstradisi c. tukar menukar pelajar d.pertukaran duta besar
32. Sungai terpanjang di Asia Tenggarah adalah sungai Mekong, sungai ini mengaliri tiga Negara yakni …
a. Thailand, Kamboja dan Filipina c. Vietnam, Laos dan Kamboja
b. Indonesia,Malaysia dan Brunei Darussalam d. Myanmar, Laos dan Vietnam
33. Gejala social yang terjadi di Negara-negara Asia Tenggara seperti ….
a. Kemiskinan kecuali Singapura dan Brunei Darussalam
b. Semua Negara di Asia Tenggara penduduknya padat
c. Kualitas penduduk yang sangat tinggi
d. Tidak terjadi pengangguran
34. Angin taufan Nina merupakan gejala alam yang sering terjadi di Negara ….
a. Thailanda b. Singapura c. Filiphina d. Malyasia
35. Jika kita berada di dalam gedung bertingkat dan terjadi gempa maka langkah yang harus ditempuh adalah ….
a. keluar dari gedung melalui ekskalator c. kelaur tangga darurat
b. menggunakan lif d. menunggu sampai gempa berhenti
36. Sungai terpanjang di dunia adalah sungai …
a. Amazone b. Nil c. Yang Tse d. Volga




37. Negara ini terletak di belan Eropa, perna memiliki Negara jajahan di hamper setiap benua, oleh sebab Negara ini dijuluki Negeri Matahari Tak Perna Tenggelam, Negara yang dimaksud adalah …
a. Prancis b. Belanda c. Inggris d. Spanyol
38. Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko adalah Negara yang terletak di Benua Amerika. Ketiga Negara tersebut masuk dalam kawasan ….
a. Amerika Tengah b. Amerika Utara c. Amerika Selatan d. Amerika Timur
39. Mata uang golden, adalah mata uang Negara ….
a. Inggris b. Prancis d. Belanda d. Italiya
40. Negara Brasil karena berada di dataran tinggi, maka Negara ini merupakan penghasil … tersebar di dunia.
a. Gula b. the c. Wol d. kopi
41. Suku asli Negara Jepang adalah …
a. Ainu b. Eskimo c. Indian d. maori
42 Perhtikan peta, huruf M adalah Negara yang beribukota di ….









a. Lima b. Boinos Ares c. Brasilia d. Carakas





43. Sebalah utara benua Asia adalah …
a. Samudra Hindia b. Samudra Pasifik c. Laut Artik d. Samudra Atlantik
44. Proses mendunianya segala aspek kehidupan manusia disebut …
a. Globalisasi b. ekspor c. impor d. eksploitasi
45. Salah satu bentuk pengaruh globalisasi dalam kehidupan manusia saat ini khususnya dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi adalah …
a. mengenal berbagai macam jenis makanan
b. muda dan cepat memperoleh pengetahuan atau berita
c. menggunakan jas pada pertemuan-pertemuan resmi
d. cepat sampai ketujuan/tempat
46. Berdirinya berbagai perusahaan asing di Indonesia, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain …
a. meningkatkan pendapatan negara c. banyak konsumen
b. menimbulkan pencemaran d. peralihan fungsi lahan
47. Dengan adanya perusahaan asing di Indonesia, membawa keuntungan dan kerugian, salah satu keuntungan perusahaan asing di Indonesia adalah ….
a. alih teknologi c. tersedianya sumber daya alam
b. tidak semua menikmati SDA d. tersedianya tenaga kerja murah
48. Barang-barang ekspor non-migas hasil pertambangan Indonesia di bawah ini adalah ….
a. Tembaga,timah dan batu bara c. minyak bumi, LPG dan LNG
b. kopi,tebu dan teh d. bensin,solar dan bensol
49. Salah satu manfaat dari kegiatan impor adalah …
a. dapat memasarkan hasil produksi dalam negeri c. meningkatkan pendapatan negara
b. memenuhi kebutuhan dalam negeri d. meningkatkan kesejahteraan rakyat
50. Sebagai bangsa Indonesia, para siswa kelas VI harus menunjukkan sikap mencintai produksi dalam negeri melalui cara ….
a. mengikuti kegiatan tari c. aktif dalam pertandingan tari tradisional
b. menggunakan batik pada pertemuan resmi d. senang menonton pertunjukan reog

Jumat, 18 Maret 2011

Visi MIsi SD

MARTHINUS ARRUAN,S.Pd
Visi
”PROFESIONAL,UNGGUL DALAM PRESTASI,BERNUANSA AGAMIS,PRIMA DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN”

Misi
- Meningkatkan pendidikan dan pelatihan guru
- Meningkatkan budaya kerja guru
- Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang representatif
- Meningkatkan dan mengembangkan lingkungan sekolah sesuai dengan wawasan wiyata mandala
- Mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas siswa
- Menjalin kerjasama dengan masyarakat dan orang tua siswa
- Meningkatkan pelayanan yang prima
- Patuh dan taat terhadap ajaran agama

Strategi Sekolah
- Melaksanakan kegiatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) secara komprehensif.
- Memfasilitasi sumber belajar sebagai sarana kebutuhan kegiatan belajar mengajar yang memadai.
- Melakukan kegiatan intra kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler secara terpadu dan terprogram.
- Sosialisasi dan implementasi lima kompetensi guru dalam kegiatan sehari-hari.
- Mengoptimalisasikan pemeliharaan dan pemberdayaan sumber daya pendidikan yang ada.
- Menegakkan disiplin dalam menjalankan tugas kewajiban.
Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

A. VISI dan MISI PENDIDIKAN NASIONAL
Visi:
Terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehinga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Misi:
1. Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar.
3. Meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral.
4. Meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global.
5. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelengaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan RI.
Berangkat dari Visi dan Misi Pendidikan secara Nasional, maka SD
2. mempertajam Visi dan Misi tersebut sebagai berikut:
B. VISI, MISI, DAN TUJUAN SD
Visi
Menjadi sekolah Dasar terbaik melalui budaya (Jati diri, ciri khas, dan keunggulan) berakhlak berpretasi pada level Kab Kutai Timur tahun 2011.
Misi
1. Melaksanakan pendidikan sekolah dasar secara utuh terpadu dan sempurna untuk membangun akhlakul karimah, siswa, dan semua civitas akademika
2. Melaksanakan pendidikan umum secara utuh, terpadu dan sempurna untuk meraih prestasi siswa dan civitas akademika dalam berbagai bidang pendidikan
3. Membangun citra baik sekolah dasar Islam sebagai bagian dari sistem pendidikan Nasional
4. Membangun silaturahim dan kerjasama dengan orang tua dalam proses pendidikan bagi putra-putrinya
5. Terimplementasikanya jati diri budaya berakhlak berprestasi secara bertahap dan sempurna
Tujuan
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebut, maka tujuan Sekolah adalah sebagai berikut:
1. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
2. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota.
3. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
4. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
5. Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.

Jumat, 11 Maret 2011

Peranan Kepala Sekolah

Peranan Kepala Sekolah
Marthinus Arruan,S.Pd

Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional (Depdiknas, 2006), terdapat tujuh peran utama kepala sekolah yaitu, sebagai : (1) educator (pendidik); (2) manajer; (3) administrator; (4) supervisor (penyelia); (5) leader (pemimpin); (6) pencipta iklim kerja; dan (7) wirausahawan;
Merujuk kepada tujuh peran kepala sekolah sebagaimana disampaikan oleh Depdiknas di atas, di bawah ini akan diuraikan secara ringkas hubungan antara peran kepala sekolah dengan peningkatan kompetensi guru.

1. Kepala sekolah sebagai educator (pendidik)
Ada beberapa defenisi atau pengertian mengenai educator. Edukator adalah orang yang memajukan dan meningkatkan mental, moral, psikis dan pengetahuan seseorang melalui proses mengajar dan belajar, oleh karena itu education ditegeskan sebagai proses menanamkan. Memahami arti pendidikan harus dipelajari keterkaitannya dengan makna pendidikan, pendidik adalah orang yang mendidik, sedangkan mendidik diartikan memberi latihan (ajaran,pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran sehingga pendidikan dapat diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan
Sebagai seorang pendidik (edukator) kepala sekolah harus mampu menanamkan, memajukan dan meningkatkan paling tidak 4 macam nilai yaitu:
a) Mental, hal-hal yang berkaitan dengan sikap batin dan watak manusia
b) Moral, hal-hal yang berkaitan dengan ajaran baik buruk mengenai perbuatan,sikap dan kewajiban atau moral yang diartiakan sebagai akhlak, budi pekerti dan kesusilaan
c) Fisik, hal-hal yang berkaitan dengan kondisi jasmani atau badan,kesehatan dan pemampilan manusia secara lahiriah
d) Artistik, hal-hal yang berkaitan kepekaan manusia terhadap seni dan keindahan
Terahir yang perlu diperhatikan oleh setiap kepala sekolah terhadap perananya sebagai pendidik, mencakup dua hal pokok yaitu: sasaran atau kepada siapa perilaku sebagai pendidik itu diarahkan. Sedangyang kedua, yaitu bagaimana peranan pendidik itu dilaksanakan. Ada 3 kelompok sasaran utama, yaitu para guru atau tenaga fungsional yang lain, tenaga administratif (staf) dan kelompok para siswa atau peserta didik. Ketiga sasaran tersebut merupakan manusia yang memiliki unsur kejiwaan dan fisik yang berbeda-beda antara manusia yang satu dan yang lain,seperti yang kita ketahui kehidupan manusia selalu dikendalikan dan ditentukan oleh faktor-faktor spikisyang ada di dalam dirinya serta kondisi fisik yang dimilikinya.
Disanping ketiga sasaran utama pelaksanaan peranaan kepala sekolah sebagai pendidik, terdapat pula kelompok sasaran lain, yang tidak kalah pentingnya kosrtibus mereka terhadap pembinaan kehidupan sekolah, yaitu; organisasi orang tua siswa, organisasi siswa,dan organisasi para guru
Keberhasilan ketiga organisasi tersebut dalam mewujudkan fungsinya tentu tidak dapat di lepaskan dari peranan kepala sekolah, khususnya peranan kepala sekolah sebagai pendidik. Sikap mental, moral, serta apresiasi dan persuasi positif terhadap berbagai kreasi seni. Kepala sekolah sangat berperan dan menjadi sumber motivasi yang kuat terhadap keberhasilan ketiga organisasi tersebut.
Kegiatan belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan dan guru merupakan pelaksana dan pengembang utama kurikulum di sekolah. Kepala sekolah yang menunjukkan komitmen tinggi dan fokus terhadap pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di sekolahnya tentu saja akan sangat memperhatikan tingkat kompetensi yang dimiliki gurunya, sekaligus juga akan senantiasa berusaha memfasilitasi dan mendorong agar para guru dapat secara terus menerus meningkatkan kompetensinya, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien.

Senin, 07 Maret 2011

Penilaian kinerja guru

PENILAIAN KINERJA GURU
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NAMA GURU :
NIP :
GURU KELAS/MATA PELAJARAN :
Petunjuk
Berilah tanda skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom (1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1. = sangat tidak baik
2. = tidak baik
3. = kurang baik
4. = baik
5. = sangat baik
No Aspek / Indikator Yang Dinilai SKOR
I PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1 Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran
2 Pemilihan materi pelajaran sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa
3 Pengorganisasian materi pelajaran secara runtun,sistimatik dan sesuai dengan alokasi waktu
4 Pemilihan sumber pelajaran sesuai dengan KD,tujuan, materi, dan karakteristik siswa
5 Kejelasan skenario pembelajaran/langkah-langkah pembelajaran; awal.inti (eksplorasi,elaborasi dan konfirmasi) dan penutup
6 Kerincian langkah-langkah pembelajaran
7 Setiap langkah – langkah pembelajaran terdapat alokasi waktu yang tepat
8 Kesesuain metode dengan KD,Indikator dan tujuan pemebelajaran
9 Pemilihan media dan alat peraga dengan KD,Tujuan,indicator dan karakteristik siswa
10 Kelengkapan instrument (soal,kunci,pedoman penskoran)
JUMLAH
II PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SKOR
A Kegiatan Awal Pembelajaran
1 Memeriksa kesiapan siswa
2 Melakukan kegiatan apersepsi
B Kegiatan Inti Pembelajaran
3 Menunjukkan penguasaan materi pelajaran
4 Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
5 Menyampaikan meteri dengaelas dan sesuai dengan karakteristik siswa 1
6 Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
C Pendekatan/Strategi Pembelajaran
7 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
8 Melaksanakan pembelajaran secara runtun
9 Menguasai kelas
10 Melaksanakan pembelajaran secara kontekstual
11 Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
12 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu


No Aspek / Indikator Yang Dinilai SKOR
D Pemanfataan Sumber/Media Pembelajaran
13 Menggunakan media secara efektif dan efisiensi
14 Menghasilkan media yang menarik
15 Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
E Pembelajaran yang Melibatkan dan Memicu Keterlibatan Siswa Secara Aktif
16 Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
17 Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
18 Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar.
F Penilaian Proses dan Hasil Belajar
19 Memantau kemajuan belajar selama proses
20 Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
G Penggunaan Bahasa
21 Menggunakan bahasa lisan dan tulisan secara jelas,baik, dan benar
22 Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
H Memberikan Penguatan
23 Memberikan penguatan yang relevan baik verbal maupun non verbal
I Kegiatan Akhir Pembelajaran
24 Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
25 Melibatkan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bahan remedial/pengayaan
JUMLAH
III KINERJA/KEMAMPUAN KEPRIBADIAN
1 Menunjukkan sikap dan tindakaan yang taat terhadap agama yang dianut
2 Bertanggung jawab
3 Memiliki sikap kedisiplinan
4 Menunjukkan sikap kejujuran
5 Memperlihatkan sikap Keteladanan
6 Mempunyai etos kerja yang tinggi
7 Inovatif dan Kreatif
8 Terbuka atas kritik dan saran
9 Kemampuan berkomunikasi
10 Kemampuan bekerjasama
JUMLAH

REKAPITULASI PENILAIAN KINERJA GURU
No Aspek / Indikator Yang Dinilai JUMLAH
1 Perencanaan Pembelajaran
2 Pelaksanaan Pembelajaran
3 Kinerja/Kemampuan Kepribadian
Predikat Nilai :
Sangatta, 8 Pebruari 2011
Kepala Sekolah